26/06/12

Plesir (1)

berikut ini adalah cerita gue dari tanggal 15 - 22 Juni 2012 di mana gue memberanikan diri pergi sendiri buat jalan-jalan keluar. mungkin bisa dibilang backpacking amatir, ya namanya juga baru mulai perjalanan dan ternyata, gila-banget!

intermezzo : awalnya gue iseng melakukan hal googling tentang gunung bromo. tapi hari itu gue lagi lucky sepertinya. gue cari dan dapet dua cara. yang satu dari jakarta ke surabaya pasar turi dan yang satu lagi surabaya gubeng. dua jalan itu yang menurut gue paling mudah. gue udah re-note lengkap rute yang turun di pasar turi. sampe gue udah pegel ngenet terus terakhir gue nemu ada yang lebih bih gampang aksesnya yaitu yang via surabaya gubeng (SGU) #jdaaarrr
oke akhirnya gue beli tiket Bima yang eksekutif ke SGU itu. dan parahnya gue cuma nyiapain ilmu buat berangkat ke bromo doang, tapi perjalanan ini ternyata gak berenti sampe situ (n_n)

Jumat, 15 Juni 2012
berangkat naik kereta Bima dari Gambir ke Stasiun Surabaya Gubeng. tiket ini udah gue pesen dari bulan Mei lalu. tapi karena belinya di indomart jadi gak bisa kalo pesen selain kelas eksekutif dan bisnis daaaan jadilah gue naik eksekutif. nyaman poll *soalnya bayar pake duit mama*
jam 5 sore berangkat dan gue tiba di surabaya sekitar jam 6. matahari juga udah mulai muncul. phew! selamat pagi surabayaaaaaw
selanjutnya gue turun kereta, melakukan ritual orang-orang setiap pagi -pipis- dan mulai mikir gue ini hendak bertindak apa. tujuan gue selanjutnya adalah probolinggo, gue tau ada kereta dari sini ke sana, unfortunately gue gak tau apa nama keretanya tapi gue tau jam keberangkatanya, ngehehe. setelah nanya sama petugas di sana, katanya gue naik kereta Mutiara Timur Pagi. jadi kereta itu tujuannya banyuwangi, tapi gue cukup turun di probolinggo aja. ooooh gitu.
sip langsung ngantri tiket dan gue beli yang kelas bisnis. pas udah dapet tiket, dan masih jam 6.30. gue memutuskan untuk keluar stasiun. lapeeeer. jalan-jalan gak punya tujuan, ngerasain secuil jalanan surabaya dan ada pasar kecil di belokan. wew rame.
sampe gue berhenti di deket rel kereta karna ada warung soto ayam. haha bolehlah, rasanya juga enak kok.
selesai makan gue balik ke stasiun. anggaplah ini udah jam 9 dan kereta juga udah dateng. langsung saja naik. entah kebetulan atau sudah disetting oleh-Nya gue duduk sampingan yang sama-sama tujuan probolinggo juga. jadi minimal gak usah ketar-ketir takut kebablasan yeaah!*tidur*

sampe di stasiun probolinggo, gue masuk ke information centre yang emang berada persisi di depan stasiun. ketemu pak kholid yang ngebantu gue ngegali informasi tentang tempat tujuan gue ini. selanjtunya gue naik angkot kuning D ke terminal bayuangga. sampe terminal, gue naik bison ke desa terakhir yaitu Desa Cemoro Lawang. harganya dobel karena penumpang yang harusnya 15 diisi cuma 6. agak nyebelin sih ya tapi karena udah siang, kita deal aja sama supirnya.

sampai di homestay, gue foto-foto dulu sama orang yang tadi gue temuin di bison ya lumayan buat jadi temen. di homestay kaya ada rooftopnya gitu bagus banget buat foto

dari jalanan di depan homestay
udah sekitar jam 2 siang sampe di cemoro lawang. pas nginjek ubin rumahnya........ *tobat* dingin banget ampun-ampunan.
gue lumayan tepar pas itu, ya maklum masih amatir. niatnya nanti sore gue mandi dan pengen liat-liat ke luar, jalan-jalan, lalu gue tidur siang dan masang alarm jam empat sore.
apa daya, saat bangun gue malah gelagepan! karena gelap. gue liat jam ternyata bablas sampe jam 8, okay-_- gagal main keluar. di malam yang dinginnya makin parah itu, gue memutuskan untuk mandi.. kesetanan ternyata.
abis mandi gue mulai membangun sosialita dengan teman-teman baru gue, ngobrol aja ternyata seru karena ketemu sama orang baru. obrolan berlanjut sampe jam sepuluh malem. abis itu langsung tidur. gak makan dulu, duh parah sekaliiii

Minggu, 17 Juni 2012
dari rooftop

sekitar jam tiga dini hari gue udah memutuskan diri sebagai orang yang gagal tidur. ampun.
gue kemul-kemulan dan emang udah gak ngantuk lagi saking dinginnya. lagipula sambil nungguin nge-charge hp di luar. jam setengah empat kedengeran suara gradakan di luar ternyata driver jeep udah dateng. emang, selalu begini. buat orang-orang yang mau liat sunrise, supir jeepnya ini selalu berbaik hati ngebangunin orang-orangnya. ada juga yang serombongan sama gue dan kebo banget. paling lama dandannya padahal cowok! yelaah. gue langsung rapi-rapi, bawa tas kecil yang isinya barang berharag aja, tas backpack gue ditinggal di kamar. sip. jam empat pagi kita berenam, plus satu pak supir jeep yang katanya orang dari suku tengger ini berangkat ke penanjakan 1, tempat tinggi buat ngelihat matahari muncul.
gue nilai naik jeep kali ini gila-gilaan, kyaaaaaaaaak!
gue gak sempet nge-capture jalanannya kayak gimana, gue aja yang didalemnya pada jejeritan, seru haha. lewat sand sea, balap-balapan sama jeep lain, pas udah mulai masuk ke jalan di penanjakannya yaudah horror banget. naik, muter hampir 180 derajat dan naik, turun terjal, jalanan berlubang #jdaaarrr
sampe akhirnya ke tempat alternatif di penanjakan satu. sang driver bilang bisa ngelihat sunrise dari sini juga, karena jeep udah gak bisa masuk ke atas lagi saking ramenya orang. gue dan lima orang lagi bingung. karena udah mulai engap karena keabisan oksigen, kita sempet mau ngambil alternatif, tapi gue pikir-pikir lagi yailah gue udah jauh ke sini masa dapetnya alternatif ya ngapaiiiiin? akhirnya kita semua memutuskan untuk pake jasa ojek sampai ke gerbang penanjakan 1. damn! masih harus jalan lagi hahahaha gue udah gak mau jalan, akhirnya gue lari dan sampe atas gue engap. ngambil napas pake mulut, tapi paru-paru jadi kaya ditusuk karena udara dingin poll. serba salah. haha. dengan sisa napas yang engap banget itu gue langsung ambil posisi. rame banget saat itu. nyebelin ya ketika gue jinjit buat ngeliat ada pemandangan apa di depan sana, di samping gue ada bule tinggi yang cuma nyilangin tangan gak pake jinjit. hasyemelehee~
sunrise - pananjakan 1 taken by camdig

gue dan orang-orang masih setia menunggu. setiap ada celah kecil gue mencoba menylusup maju terus menerus. dan mulai dari cahaya mataharinya yang pelan-pelan muncul tapi langsung menyebar gitu, sampe mulai ada buletan kecil yang unyu yaitu mataharinya.sampai mataharinya bener-bener di atas, wiii semuanya gue tungguin. dan alhamdulillah hari ini hari ceraaaah secerah-cerahnya hari, gak ada buntelan kabut sedikitpun (n_n) seneeeeng banget!
dan impian foto sama bule harus gue kubur dalam-dalam karena terlalu sibuk ngambil gambar dan gak berani ngomong haha tapi yasudahlah, tidak apa-apa.
sunrise - pananjakan 1 taken  by cameraphone

oiya ternyata sunrise di sini gak sesuai yang kaya dibayangan gue. tadinya, gue pikir, matahari bakal muncul dari tengah-tengah antara Gn. Bromo dan Gn. Batok. jadi kayak yang ada di Teletubbies tuh, matahari kepala bayi, muncul sambil ketawa unyu. ternyata kalo di sini, kumpulan Gunung itu posisinya (kalo dari penanjakan 1) di tengah agak ke kanan, dan ada puncak Gn. Semeru di belakangnya, dan matahari munculnya dari sisi kiri. wiiin overall ciptahan Allah yang model gini aslilah sangat cantik sekali. gue aja gak rela kehilangan momen sedikitpun :)