29/07/17

#yolotrip : Hong Kong - Macau #01 (Part 2)

7 May 2017 - Minggu Gerimis


Lanjut ceritanya,

terakhir gw sampe di Macau Outer Ferry Harbor.

setelah tuker duit ke MOP (sebenernya bisa pakai HKD, tapi jatuhnya akan sedikit lebih mahal. Octopus card gak berlaku di sini, karena ada system sendiri namanya MacauPass, tapi karena gw cuma sehari jadi merasa gak perlu)


Pas di depan harbor adalah terminus (terminal gede, gw lupa apa namanya)
Tujuan gw ke Ruin of St. Paul, which should take bus to Almeida di Ribeirio. Bus no.3, dengan harga < 4 MOP.

fyi, as of 2017 Macau belum punya MTR. So, gw sangat mengandalkan bus yang sudah sangat bagus sistemnya.
Sebelum berangkat, ada baiknya bikin itinerary yang sudah include shelter pemberentiannya (karena, surprisingly shelter baru tersedia dalam Mandarin dan Portugis doang) sehingga di satu shelter gw butuh 10-15 menit untuk baca rute bus tertentu. Sad :')
atau paling tidak tujuan pergi lo harus jelas, jadi gampang kalo nanya orang di sana.
kemarin gw bikin itinerary juga masih capruk banget, tapi gw detail tujuannya. Jadinya, nama destinasi gw mirip-miripin dengan Bahasa Portugisnya. Orgil emang.

Macau itu kecil, tapi system bus-nya OK tapi rutenya cukup rumit. Kayak Bandung kali ya.
Gw naik bus yang benar dengan arah yang salah bikin bayar jadi double, wkwkw. Hal sepele gini yang mrintil tapi kejadian beberapa kali dan bikin duit gw abis :')

(selanjutnya akan gw ceritakan via foto ya)


Pas malem, gw udah buta arah dan gak menemukan shelter untuk balik ke Macau Outer Harbor. Literally.

Gw (hampir) ga bisa pulang.

Gw gatau harus ke naik bus apa, ke arah mana, turun di mana (karena itinerary gw capruk tadi). Gw berharap bisa balik ke tempat awal gw naik bus, which is Ferry Terminal.

Last hope adalah naik bus no. 32 turun di Estrada do Reservatorio, yang 'menurut gw' jalan kaki dikit ke Macau Outer Harbor. Ternyata, turun di halte sendirian, dan nyebrangin bendungan. Malah, jalan kaki muterin bendungan :')

Untungnya, mulai gelap magrib itu jam 7 malam. Masih banyak orang yang jogging di pinggir bendungan. At least, walau nyasar tapi ane gak sendirian gan. Ngedumel sendiri juga gak ada yang ngerti. Dan dengan senang hati (sekaligus capek setengah mati), gw pulang ke Hong Kong dan tidur sepanjang perjalanan ferry. Muahahaha.

fyi, saat berangkat gw dalam kondisi yang tidak terlalu fit. Kurang tidur, dikejar deadline, balik malem karena kerjaan. Satu-satunya yang bikin gw melek adalah karena gw jalan sendiri. So Happy!



note:
* 2017 Google Maps udah super canggih, apalagi untuk informasi transportasi di Negara yang full integrated system, akan SANGAT MUDAH. Rute, shelter, bahkan range fare sudah tersedia. Tinggal arrange aja yes.
* Referensi travel blog juga sangat membantu, banget. Cuma kebanyakan baca informasi jangan sampe bikin bingung. Masing2 cerita ada flownya, cari benang merahnya aja. Jangan semua diikutin, kecuali duit mu emang unlimited :p




-- blog ini dibuat, sambil ngantor. Nunggu loading excel lama benget --
dan diposting berminggu2 setelahnya. di hari Sabtu yg mager


Macao Outer Ferry Harbor

Foto sama orang lokal yang gabisa bahasa Inggris. Once in a lifetime person gw nih! 

Senado Square Area. Semua walk distance! itinerary gw sukses total pas di Macao. Emejing.

The Overrated Ruin of St. Paul
Long ago, gw pernah liat ada temen gw anak orang kaya yang foto di depan ini. Wow, ini dimana? ini apa? Suatu saat gw mau ke sini.
Aamiin.
Ya, Alhamdulillah diberikan jalan.
*melow dikit gapapa*

Must visit, Macao National Museum. $ 15 (2017). Jangan ke sini hari Senin, Tutup. Bagus dan yg penting, Adem!

Macao Aisle, ke arah Christchurch Protestant Cemetary.
di depan taman pemakaman yg cantik, ada taman untuk kongkow dan wifinya kenceng. Ramai.
Sampe bisa videocall-an sama mama. Di depan kuburan. Hahahhaa

Sedih karena harga bungee jump di #1st Highest Spot in da world ini Rp 6 juta. Weheew

Nyasar. Udah pesimis pengen langsung pulang, eh malah ketemu hidden gems. lol

Back to Hong Kong, babes. Capek Berat. Tidur sepanjang jalan Hahaha




xo,
Dyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini