27/02/12

Dedicated To : One of My Sisters

entah ada angin apa, tiba-tiba dan gak sengaja keingetan, cerita waktu SMA.

Kamis pagi di akhir tahun 2008. SMAN 49 Jakarta. 
gue inget banget karena hari itu gue pake seragam batik dan bawahan rok putih plus kacamata baru warna coklat. sekolah jadi semangat. dateng ke sekolah hampir terlambat. dengan vario biru kesayangan gue yang umurnya baru tiga bulanan, gue masuk ke lobi. fiuh. hampir aja.
baru mau naik tangga ke ruangan kelas gue di lantai dua. belom juga sampe undakan tangga pertama, ada yg manggil gue dari belakang dan langsung nepuk pundak gue. pukk. seorang kakak kelas. senior paskib gue.

kakak : "dek, anterin gue yuk"
gue : "hah? ke mana kak? baru juga dateng" (dengan intonasi sedikit nolak karena gue pikir, mau ke mana lagi coba, kalo keluar sekolah lagi ya nanti mana boleh masuk)
k : "ayolah tolong, gue pake rok abu-abu nih, dimarahin bu Ros barusan"
g : "emang ga apa-apa kak keluar lagi?"
k : "izin dulu lah, gue yang bilang deh, ayo cepetan"
g : "saya geografi nih kak" (pasang muka khawatir)
k : "ya? plis dong dy, ayo, dapet poin nih takutnya"

akhirnya gue kalah. posisi gue sebagai adik kelas X yang tergencet kakak kelas dan takut di-bully. gue nurut apa kata si kakak.
setelah minta izin sama guru piket dan satpam yang prosesnya berlangsung alot tapi cepat, akhirnya kami diizinin keluar dan boleh masuk lagi nanti. fiuh, okelah.
gue minta si kakak aja yang nyetir, tapi dia nolak. usut-usut ternyata si kakak gak bisa bawa motor. yaampun-_-
kakak gue yang satu ini mukanya garang banget. makanya gue takut diomelin hehe. eh gak taunya gak bisa bawa motor.

ngebut sengebut ngebutnya. karena gue juga parno ngeliat jam dan mikirin guru geografi yang pasti udah masuk kelas.
dikasih unjuk jalan. masjid Al-Wiqoyah belok kiri, lurus terus pintu belakang Ragunan, lurus terus dan ooop, sebelum masuk jalan besar T.B Simatupang gue diberhentiin. masuk jalan ke sebelah kanan, dan ada gang lagi. gue nunggu di depan gang itu, si kakak langsung lari-lari masuk gang buat ganti rok. ribet banget kak -____-

si kakak dateng dengan rok putih sekarang. langsung gancang balik ke sekolah. bruuuuum, ciiiiitt. sampe. si kakak bilang makasih, gue bilang sama-sama sambil miris mikirin nasib gue abis ini, ketemu bu Win di kelas. bener aja, giliran gue masuk kelas, guru geo udah ngeliatin lewat atas kacamatanya yg nyangkut di hidung. nanya gue dari mana, dan kenapa udah jam segini tapi tetep bisa masuk. gue ceritain. yah namanya juga guru, mungkin ada rasa gak percaya ke murid. pada saat itu juga langsung latihan closed book. gue cuma bisa bilang "okay" dan pasang muka yao-ming-nya 9gag. beach please.

***

entah kapan, karena gak inget. mungkin di akhir tahun ajaran 2008/2009.
kayaknya gue udah menjabat jadi senior di ekskul gue. paskibra. dan pasti udah deket sama angkatan atas gue yang selalu meracuni pikiran angkatan gue dengan kompak dan solid. kadang juga sering ngobrol-ngobrol santai.
suasana lagi istirahat. abis latihan buat demo ekskul. gue isi istirahat gue dengan bengong.
gue orangnya suka bengong. gak tau bengongin apaan yang penting bengong. pas lagi asik bengong eh ada si kakak kelas (yang sama kayak di atas). dan pas dia lewat, gue liat sepatunya. bahhhhh! bagus banget. keren (di mata gue).sepatu Converse warna coklat-krem yang lobang talinya lebih gede dari biasanya. model sneakers. gue banget. ngerengek-rengek gue tanya :

g : "kak, itu beli di mana? mau donggg -___-"
k : "yah, mana inget. udah lama belinya" (logat betawi kental)
g : "yailah kak, mau lah itu"
k : "ah, jangan beli, di sini yang punya cuma gue ama Rabel (temennya) doang, masa ditambahin lo, jangan"
g : "yah parah bangettttt"

gue tau maksudnya cuma bercanda, tapi gue tetep kekeuh pengen nyari sepatu itu.
amazing. gue akhirnya dapet sepatu itu dengan harga yang gak murah, sial. tapi gak apa-apa deh, namanya juga kebelet. itu juga gue dapetinnya pas kelas XII. poor.

***

Sabtu, 13 Juni 2009
atas request dari Kak Michael Satrio nih.
sekedar info, Paskibra 49 menang lomba juara Harapan I di LEXURAFE'S SMAN 66  lho!
itu lomba pertama gue dan temen gue Abut! wooooow, dan ada si kakak juga. weee :-p

***

Juli. Demo Ekskul Tahun Ajaran Baru 2009/2010, beberapa menit sebelum tampil, depan perpus SMAN 49.
g : "kak, bantu aku make topi dong, susah ini"
k : "sini, yailah gampang gitu"
g : "awas kerudung saya kak"
k : "udah noh"
g : "oke" (mengerdikkan mata)

obrolan simpel gue dengan si kakak yang minta tolong pasangin topi golf. abis itu kita semua foto-foto sebelum tampil.
saatnya terjun ke lapangan!! :)

***
(hampir) akhir tahun 2009.
gue gak inget kronologinya. yang gue tau sebatas kakak kelas ini sakit. sampai dirawat. penyakit yang lagi ngetren di kalangan pelajar waktu itu paling kayak tipus atau demam berdarah. karena kecapean gara-gara kebanyakan aktivitas.
gue pikir si kakak ini juga mengalami hal yang sama. sakit tipus mungkin, karena badan si kakak yang tergolong agak kurus. aah tapi betisnya cakep banget! jadi iri ~_~

***

Akhir Desember 2009.
abis latihan buat lomba kalo gak salah, gue dan anak-anak paskib diajak kak Rio dan Kak Imel buat jenguk si kakak. ya, si kakak ternyata dirawat lebih lama dari yang gue pikir. bahkan lebih lama dari dengue. berangkat menjelang sore dan sampe RSCM Jakarta udah sore banget. sempet nongkrong di samping cfc RSCM sambil nunggu pejabat paskib nyari info tentang di mana si kakak dirawat.
voila. dapet. kami yang bergerombol banyakan gitu berebut naik lift. gue gak kebagian, jadi gue kloter kedua. yeh -_- sudahlah.
sampai lantai 3 kalo gak salah. masuk.
heeeeeeeeeeeeyyy ada si kakak lagi duduk!!
kami semua berebut ngobrol, karena emang udah lama banget gak ketemu sama kakak yg satu ini di sekolah. boro-bro latihan bareng dah. lanjut ngobrol terus. rame-rame. suasana jadi heboh, dan si kakak keliatannya seneng karena kita jamah kamarnya. huahahaha sorry ya kak jadi rame! :-p
kakak gue yang satu itu sakit, waktu gue dateng kondisinya agak kurus dari yang biasa. namanya juga orang sakit, mungkin nafsu makannya yang berkurang banyak. harapan dan doa kami semua waktu itu : cepet sembuh ya kak! tahun ini ujian lhooo :-p

***

Pertengahan 2010. Gue naik ke kelas XII dengan riang gembira.
sampai saat itu info yang gue denger ternyata si kakak masih sakit. tapi kakak yang satu ini emang amazing gak ketolongan. gue denger dari bu Ros, si kakak tetep ngejalanin UN, dengan nilai matematika dan satu pelajaran lagi yg gue lupa apaan dan nilainya bagus. great! padahal kalo dihitung dia udah ketinggalan banyak banget pelajaran. belom lagi dia gak ikut persiapan UN di sekolah. tapi buktinya dia bisa ngerjain. gue sampe mangap-mangap denger cerita itu. salut bener kaaaak.
ditambah lagi dengan cerita kalo dia dateng ke acara perpisahan. pake kebaya. cantik pula. dan kata bu Ros juga, dia semangat banget dateng ke acara itu. gila kan?
dia bela-belain dateng ke Bumi Wiyata yang cukup engap gitu, duduk di atas kursi rodapun gak jadi penghalang buat dateng ke acara perpisahan itu.
keren gila. pasti betismu kurusan ya kak? hehe :)
si kakak lulus dari SMAN 49, selamat dulu doooooooong :**

***

Awal Oktober 2010. Kelas Biologi. Lantai 1 SMAN 49 Jakarta.
gue duduk di banjar ke-dua dari pintu baris ke-dua dari belakang. suram. karena moving class dan gerakan gue dan temen sebangku gue yang lelet, dapetlah gue di bangku nista. be-la-kang bzzt-_-
di tengah-tengah pelajaran biologi, tiba-tiba dari arah depan kedengeran bisik-bisik. emang bisik-bisik, tapi kalo yang bisik-bisik orang banyak kan jadi cukup berisik, akhirnya gue nanya orang depan (kebetulan depan gue si Hari Resmi, ketua kelas) :

g : (sambil bisik juga) "oi ada apaan?"
k : *geleng-geleng*
 tandanya ga ada apa-apa, atau mungkin ada apa-apa tapi dia tutup-tutupin biar gak ada yg tau. gue colek aja pundaknya, biar dia ngerespon.

g  : "oi, apaan sih ri?"
k : (sambil nengok dan ngebisik)...
g : "ha?"
k : "kak Roro meninggal"
g : . . . . . . . "lo jangan bercanda ri"
k : "yaudah kalo gak percaya"

innalillahi wa inna ilaihi roji'uun

dan emang bener, setelah tau dari Hari, ada beberapa sms di HP gue yang menginfokan hal yang sama.
*deg*

kak Roro meninggal dunia.

kak Nyunyu (panggilan unyu temen-temen se-angkatannya) akhirnya tutup usia.

kurang lebih satu tahun kak Roro ngelawan penyakitnya. Leukemia, atau kanker darah putih. bukan tipus, bukan dengue. bolak-balik masuk rumah sakit, bolak-balik operasi, tetep penyakit itu menggerogoti badannya. orang-orang di sekeklilingnya selalu support dia. bahkan banyak yang cerita malah semangat hidupnya dia waktu itu tinggi banget, gak pernah turun.
yang doain dia biar cepet sembuh dan cepet sehat juga banyak, banget malah.
tapi, segila-gilanya manusia berusaha, tetap Allah yang memutuskan.
kak Roro berpulang dengan tenang ke sisi-Nya.
emang semua kaget, emang semua sedih, tapi kita semua percaya kak Roro itu "dipulangin" karena emang Sang Pencipta sayang sama dia, makanya dia dipanggil, mungkin mau dipeluk langsung.
hehe.
Selamat Jalan ya kak Roro, aku juga gak tau kenapa tau-tau kepengen ngepost tentang kaka, maaf atas kesalahanku sama kakak, istirahatlah yang tenang :)
kami semua menyayangimuuuuu :**

***
Kak Roro paling kiri, baju abu-abu


gue - Kak Roro, sebelum demo ekskul, adegan pasang topi

hehehe

Kak Roro - gue - Tiar


Dedicated To : One of My Sisters ( Rr. Wahyu Kusuma )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini